PicsArt_06-22-11.12.55

Tips Mudik Menggunakan Angkutan Umum

Musim mudik telah tiba. Saatnya mudik ke kampung halaman tercinta. Tradisi mudik ini sudah menjadi kebiasaan tahunan saat lebaran tiba. Momen lebaran selalu dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga besar. Karena banyaknya pemudik yang ingin berkumpul bersama keluarga besar jalanan pun menjadi macet. Namun macet tidak menyulutkan antusias masyarakat untuk mudik. Bagi kalian yang akan mudik menggunakan kendaraan umum, berikut beberapa tips mudik menggunakan kendaraan umum:

  1. Atur tanggal keberangkatan

Atur jadwal mudik kalian dengan menyesuaikan waktu dan tanggal yang pas. Bagi waktu kalian sebaik mungkin agar jadwal mudik tidak terbentur dengan acara yang lain. Jika kalian tidak ingin terjebak macet, hindari hari puncak macet terjadi. Puncak macet biasanya terjadi H-2 hingga H+1.

  1. Bawa uang tunai secukupnya

Perhitungkan uang tunai yang akan digunakan saat mudik menggunakan kendaraan umum. Jangan bawa uang tunai terlalu banyak karena akan menambah beban saat membawanya. Sebaiknya simpan uang secara terpisah, seperti kantong celana, tas, dompet. Sehingga saat terjadi pencopetan kalian masih memiliki uang tunai.

  1. Hindari berpenampilan mencolok

Jangan gunakan perhiasan dan aksesori yang mencolok. Gunakan seperlunya saja. Saat mudik dengan kendaraan umum lebih baik hindari pemakaian perhiasan. Karena hal itu dapat mengundang niat jahat seseorang. Pakaian dan dandanan yang mencolok juga dapat mengundang perhatian dari orang sekitar.

  1. Packing barang dengan simpel

Simpan barang yang akan dibawa dengan benar. Bawa barang seperlunya saja. Kalian tidak perlu membawa semua pakaian. Untuk jumlah pakaian tentukan dengan berapa lama kalian berada di kampung halaman. Pertimbangkan barang yang perlu dibawa. Semakin sedikit barang yang dibawa maka akan lebih mudah untuk membawanya. Dan begitu pula sebaliknya, semakin banyak barang yang dibawa makan semakin sulit dan rumit untuk membawanya.

  1. Jaga diri

Selalu waspada dan jaga diri. Berhati-hatilah pada orang yang baru dikenal. Jangan tergiur dengan pemberian orang. Selain itu letakkan barang bawaan di dekat kalian. Dan waspada terhadap orang di kanan kiri kalian karena kejahatan bisa datang kapan saja.

Itulah beberapa tips mudik menggunakan kendaraan umum. Sebelum berangkat mudik berdoalah terlebih dahulu agar diberi kenyamanan dan keselamatan selalu saat mudik. Selalu berhati-hatilah dimanapun kalian berada. Selamat mudik dan selamat Hari Raya Idul Fitri. 🙂


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia