Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (5)

Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia

Siapa yang tidak suka rasa manis? Ya, setelah kita menyantap hidangan dengan rasa pedas, asin, gurih, dan rasa yang lainnya, tentunya kita akan lebih senang jika menutup makan malam dengan menyantap yang manis-manis. Dessert atau makanan penutup adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama atau main course. Fungsinya adalah menghilangkan kesan rasa hidangan terdahulu dan menutup babak penyajian makanan.

Setiap orang memiliki cara-cara yang berbeda dalam menutup makan malam (atau acara makan yang lain). Ada yang lebih menyukai menyantap buah-buahan segar, ada yang dengan minuman manis seperti secangkir cokelat panas atau ice cream atau makanan seperti puding, kue, ice cream, atau bahkan tanpa adanya makanan penutup. Mungkin Anda penasaran bagaimana kebiasaan dari masyarakat di negara-negara di dunia ini menyantap makanan penutup mereka dan jenis makanan penutup terbaik apa yang tersaji di meja makan mereka?

Langsung saja, berikut ini adalah daftar-daftar dessert yang terbaik di seluruh dunia yang mungkin dapat menjadi inspirasi baking Anda:

10 – Churros (Spanyol)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (7)

Churros, adalah makanan penutup yang berasal dari Spanyol dan sangat terkenal sehingga mulai memasuki dunia kuliner Amerika, Korea, dan bahkan Indonesia. Churros terbuat dari tepung gandum dan bahan-bahan lain, dibuat dengan 100% minyak sayur sayur non-kolesterol, dan biasa dihidangkan ketika musim dingin. Churros tidak selalu tersaji di atas meja makan, tetapi makanan ini juga dapat ditemukan di bioskop dan pertandingan olahraga. Dessert yang berbentuk panjang seperti tongkat ini biasa ditaburi dengan bubuk kayu manis dan gula, sehingga rasanya sangat manis dan lezat.

9 – Tiramisu (Italia)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (10)

Masyarakat Italia juga menyebut dessert ini dengan Siena. Kue ini tergolong unik karena tiramisu khas Italia tidak dibuat dengan adonan dan tidak melalui proses pemanggangan, melainkan biskuit yang direndam ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Kemudian biskuit tersebut disusun dengan krim dan didinginkan di lemari es agar biskuit tidak mudah hancur ketika disantap. Menurut resep asli, kue ini sebenarnya tidak dicampur dengan alkohol, tetapi seiring dengan perkembangan budaya dari waktu ke waktu, kue ini diberi tambahan rum atau anggur.

8 – Kastil Pudding (Inggris)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (2)

Puding khas Inggris ini memang berbeda dengan puding lain, karena memiliki bentuk seperti kastil yang diberi selai strawberry yang mengalir menuruni sisi puding. Jika pada umumnya puding dibuat dengan cara didinginkan, puding kastil berbeda karena dibuat dengan dipanggang.

7 – Pavlova (Australia dan Selandia Baru)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (9)

Kue Pavlova biasanya dapat ditemukan di restoran bergengsi di Australia dan Selandia Baru. Sebenarnya di Inggris juga  mengenal jenis kue ini tetapi sangat jarang dikonsumsi oleh warga Inggris. Kue Pavlova dibuat dengan campuran putih telur dan gula yang kental, ditambah dengan tepung, cuka, dan vanilla. Kombinasi campuran bahan tersebut akan memberikan tekstur rapuh dan lembut, mirip seperti marshmellow. Untuk bagian toppingnya, kue Pavlova biasa diberi buah-buahn dengan rasa asam, seperti berry-berryan, jeruk, mangga, dan jenis buah yang lainnya.

6 – Creme Brulee (Perancis)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (1)

Dikenal juga sebagai krim panggang. Creme Brulee adalah puding susu tebal yang bagian atasnya dibakar menggunakan obor karamel. Untuk membuat dessert ini sebenarnya sangat mudah. Bahan yang diperlukan hanya susu krim, kuning telur, gula pasir dan merah, dan vanili ekstrak. Semua bahan tersebut di masak di atas api sedang dan sebelum disajikan diberi gula merah di bagian atasnya kemudian dipanggang.

5 – Pie Apel (Amerika Serikat)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (3)

Warga Amerika sangat menyukai kue jenis pie khususnya pie apel. Kue ini tergolong makanan tradisional yang biasanya disajikan dengan krim, ice cream, atau lelehan keju. Perbedaan dengan pie apel dari Perancis adalah pie Amerika disajikan tertutup atau dimasukkan ke dalam pie dough, sedangkan pie Perancis disajikan terbuka, tanpa pie dough.

4 – Gulaab Jamun (India)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (6)

Gulaab Jamun adalah makanan penutup yang sangat populer di India. Makanan ini terbuat dari susu yang dicampur dengan terigu kemudian dimasak dengan cara digoreng dan disajikan bersama dengan sirup gula atau sirup mawar. Anak-anak sangat menyukai Gulaab Jamun karena rasanya yang manir dan teksturnya yang lembut.

3 – Tanghulu (Cina)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (11)

Tanghulu adalah manisan buah tradisional dari Cina yang disajikan dengan cara ditusuk seperti sate. Selain sirup gula, Tanghulu biasanya dicelup ke dalam lelehan cokelat dan ditaburi wijen. Buah yang dijadikan manisan antara lain tomat, ceri, strawberry, blueberry, nanas, kiwi, pisang, dan anggur.

2 – Mochi Ice Cream (Jepang)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (8)

Kue mochi adalah kue yang dibuat dari kertas beras ketan yang ditumbuk lalu dibentuk menjadi bulat. Isian kue ini bisa bermacam-macam, mulai dari kacang tanah, cokelat, keju, dan lain-lain. Kue mochi isi ice cream sebenarnya bukan hal yang baru. Dessert ini sudah ada di Jepang pada tahun 1981 dengan nama Yukimi Daifuku. Karena kelezatannya, kemudian mulai menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri dessert ini juga populer. Mochi yang digunakan tetap mochi Jepang dan diberi isian ice cream rasa cokelat, strawberry, vanilla, durian, dan varian rasa yang lain.

1 – Baklava (Turki)

Artikel 9 Inspirasi Baking - Top 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia (4)

Baklava adalah kuliner khas Turki yang tergolong ke sajian istimewa dan sangat terkenal di dunia. Baklava terbuat dari beberapa lapisan phyllo pastry yang diberi isi dengan kacang yang telah dicincang dan diberi madu atau sirup. Phyllo sendiri adalah lembaran adonan tipis yang terbuat dari campuran tepung, minyak, air, kuning telur, dan cuka. Sementara isiannya bisa berupa campuran dari berbagai macam jenis kacang, seperti kacang tanah, pistacio, dan mede.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia