inspirasi alina1-min

Tutup Toko Bahan Roti untuk Jadi Pengusaha “Bakery”

Banyak bisnis yang bermula dari ketidaksengajaan. Misalnya Alina Rohmah, pengusaha bakery asal Jepara yang awalnya adalah pengusaha toko bahan kue. Lantaran sering ditanya pembeli tentang cara membuat kue, dia pun tergoda untuk membuat berbagai macam kue basah dan camilan, yang ternyata disukai banyak orang.

Hal tersebut memotivasi Alina untuk memproduksi lebih banyak kue lalu menjualnya ke warung di lingkungan sekitar. Lagi-lagi usahanya berbuah manis, peminat kue buatannya bertambah dan membuat Alina lebih fokus pada bisnis bakery yang kemudian dinamainya Salsa Bakery. Hal ini sempat membuat suaminya marah karena toko bahan kue yang sudah dirintisnya terbengkalai. Karena lebih ingin menjalankan bisnis kue, toko bahan roti pun ditutup.

Meski tak mendapat lampu hijau dari suami, Alina nekat mengembangkan bisnis kue. Bermodal pinjaman bank, dia mendirikan Salsa Bakery pada 2001. Untuk memperkaya pengetahuan dan teknik memproduksi roti, Alina rajin mengikuti beragam pelatihan  yang diselenggarakan Sriboga Customer Center. Dibantu dua orang karyawan, resep-resep baru yang didapatnya selama pelatihan diproduksi dan dijual. Hasilnya, angka peminat Salsa Bakery pun meroket.

Saking banyaknya peminat, dalam dua tahun Salsa Bakery sudah kembali modal. Namun seiring dengan kesuksesan Alina dan Salsa Bakery, pesaing baru pun bermunculan. Kebanyakan, para pesaing Salsa Bakery adalah mantan karyawan Alina yang mengetahui seluruh resep produksi Salsa Bakery. Meski kecewa resepnya dicuri karyawannya sendiri, Alina menyiasatinya dengan terus berinovasi dan menciptakan kue kreasi baru.

“Mereka kan bisa karena meniru. Tapi saya, setiap hari selalu ciptakan kue kreasi baru yang beda. Kalau mereka mau meniru, ya butuh waktu untuk membuat seperti yang saya bikin,” kata wanita berusia 41 tahun ini.

Sebagai bagian dari inovasi, Salsa Bakery kini tak hanya menjual kue basah dan kering, melainkan juga jajanan tradisional dan tepung premix. Untuk mendukung usahanya, Alina mempekerjakan 70 orang karyawan, baik dari dalam maupun luar kota Jepara.

Kini Salsa Bakery telah memiliki 4 gerai di Jepara, Kudus, dan Demak. Rencananya dalam waktu dekat, Alina akan membuka gerai Salsa Bakery kelima di Pati.

Ketika ditanya soal kunci kesuksesan bisnisnya, Alina menyebut bahwa tidak ada pebisnis yang bisa sukses tanpa ketekunan dan jiwa pantang menyerah. [HAR/HLP]

 

Biodata

Nama : Alina Rohmah

Tempat Tanggal Lahir : Jepara, 19 November 1974

Nama Usaha : Salsa Bakery (Krasak RT1; RW 1 Kalinyamatan, Jepara)

Hobby   : Memasak


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia