13

Waspada, Dapur Kotor Menjadi Sarang Penyakit!

Dapur yang kotor menjadi sarang penyakit. Padahal dapur merupakan tempat kita memasak setiap harinya. Namun tahukah kalian bahwa dapur yang kotor dapat membahayakan kesehatan? Masakan yang dimasak di dapur kotor akan menghasilkan makanan yang tidak sehat, tidak higienis, dan dapat dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada orang yang memakannya. Oleh sebab itu, kita wajib membersihkan dapur setiap saat dan menjaga kebersihannya.

Berikut barang-barang di dapur yang sering kita sepelekan kebersihannya padahal jadi sarang kuman:

  1. Spons cuci piring

Jika kalian memandang spons hanya sebagai busa kecil pembersih piring, kalian salah. Spons cuci piring ini sering berhubungan dengan sisa-sisa makanan yang menempel di piring atau wajan. Sisa-sisa makanan tersebut sedikit demi sedikit masuk pada rongga-rongga spons. Dan itu mengendap di bagian dalam spons. Apalagi spons berada di tempat yang lembab dan berair. Itu menjadi tempat kesukaan bakteri untuk hidup dan tumbuh.

  1. Talenan dan pisau

Talenan dan pisau juga menjadi salah satu alat dapur yang sering berinteraksi dengan bahan-bahan makanan lainnya. Kita sering menggunakannya untuk memotong daging, sayur, serta buah. Namun kita seringkali lupa untuk mencucinya setelah menggunakannya. Padahal bisa saja makanan yang baru saja kita potong itu membawa kuman penyakit. Jadi usahakan tiap kali setelah menggunakannya cucilah hingga bersih.

  1. Rak kulkas

Rak kulkas menjadi tempat penyimpanan bahan-bahan makanan. Entah buah, sayur, ataupun daging. Sebagai tempat penyimpanan bahan makanan, kita wajib untuk selalu membersihkan rak kulkas. Tempat yang kotor menjadi tempat favorit bagi kuman dan bakteri untuk hidup dan berkembang biak.

Penyakit yang ditimbulkan karena dapur kotor:

  1. Diare
  2. Salmonellosis -> infeksi karena bakteri salmonella
  3. Listeriosis -> infeksi bakteri dari genus listeria
  4. Alergi mikotoksin -> racun jamur yang dapat menyebabkan alergi dan berakibat fatal
  5. Penyakit akibat jamur

Tidak ingin terserang salah satu penyakit di atas bukan? Makanya jaga kebersihan dapur selalu yaaaaa. Untuk tips membersihkan dapur bisa dilihat di Cara Menjaga Dapur Tetap Bersih Dan Sehat.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia